Tahun Ajaran Baru Dimulai: SMAK Syuradikara Mengadakan MPLS Secara Offline

Tahun ajaran baru telah dimulai. SMAK Syuradikara Ende mengawali rangkaian kegiatan pembelajaran dengan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) bagi siswa/i baru kelas X.

 

Kegiatan MPLS di Syuradikara Ende dilaksanakan secara offline dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar tidak terjadi penyebaran virus Corona di sekolah saat MPLS berlangsung.

“MPLS sangat penting bagi siswa baru. Karena dengan kegiatan MPLS ini para siswa/i baru dapat mengenal lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah tidak hanya secara fisik. Tetapi juga mengenai tata tertib sekolah, pola belajar yang baru dan juga visi dan misi sekolah.” kata Bapak Silvester Keu, S.Pd ketua panitia pelaksanaan MPLS SMAK Syuradikara Ende saat diwawancarai (21/7/21).

Kegiatan MPLS 2 tahun terakhir dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.Tahun ini, MPLS dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Para siswa/i diwajibkan untuk membawa surat keterangan hasil swab antigen yang menyatakan bahwa mereka terbebas dari Virus Corona. Para siswa/i pun diwajibkan untuk memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak saat mengikuti MPLS.

Di tengah pandemi seperti ini, sekolah telah mengantisipasi hal-hal yang bisa menyebabkan penularan covid-19 dengan mengurangi materi yang diberikan kepada siswa/i baru dan juga mengurangi jumlah siswa/i yang mengikuti kegiatan MPLS setiap harinya.

“Untuk sistem MPLS yang digunakan saat pandemi ini, siswa baru dibagi menjadi 10 kelompok, yaitu kelompok A sampai kelompok J. Masing-masing kelompok dibagi lagi menjadi 2 shift, yaitu pagi dan siang,” ungkap Putra Radom, ketua OSIS SMAK Syuradikara saat diwawancarai (21/7/21).

Setelah mengikuti MPLS hari pertama, Angelo Longa, siswa baru yang menyelesaikan SMP di Seminari Pius XII Kisol merasa bangga dan nyaman mengikuti MPLS di Syuradikara.  “Menurut saya, kegiatan MPLS yang dilaksanakan di SMAK Syuradikara ini berbeda dengan MPLS yang saya ikuti saat SMP dulu. Kakak-kakak kelas yang ditugaskan sebagai pendamping  sangat  memperhatikan  kami. Para guru yang memberikan materi juga sangat menarik dan bermanfaat. Dengan mengikut MPLS ini, saya mendapatkan banyak  teman baru dari daerah yang berbeda-beda.” ucap Anjelo Grimualdo Longa, salah satu siswa baru SMAK Syuradikara, saat di wawancarai (23/7/21)

MPLS yang dilaksanakan tahun ini diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan dapat  membantu siswa/i baru SMAK Syuradikara dalam mengenal lingkungan sekolah barunya dengan baik.

 

Putri Paji (XI Bahasa)

Tim Jurnalis Muda Syuradikara

Viva Syuradikara